Text
Komunikasi yang efektif untuk pemimpin, pejabat dan usahawan
Dalam suatu organisasi, apapun bentuk dan tujuannya, ditopang, disatukan dan menjalankan fungsinya dengan melalui komunikasi. Komunikasi merupakan dasar bagi setiap orang untuk berinteraksi dengan orang lain dan berperan penting dalam kehidupan. Tanpa adanya komunikasi, tidak ada interaksi antar individu, tidak ada interaksi antar individu dengan kelompok, tidak ada pemerintah, bahkan tidak ada masyarakat seperti yang kita kenal seperti sekarang ini.
Komunikasi adalah bagian sentral dari segala bidang yang kita lakukan. Banyak problematika yang terjadi baik menyangkut perorangan ataupun kelompok dapat ditelusuri dan ditemukan pada komunikasi yang buruk, adanya hambatan dalam komunikasi atau tidak ada komunikasi sama sekali. Berhasil atau tidaknya interaksi antar manusia adalah sebagai akibat langsung dari sanggup atau ketidaksanggupan kita dalam berkomunikasi.
Setiap organisasi memiliki persoalan sendiri. Buku ini berusaha untuk membantu menangani masalah-masalah itu dan menggunakan teori dan teknik komunikasi untuk kebutuhan dan persoalan khusus dari seorang manager atau pemimpin.
Pada bab I, buku ini memaparkan tentang “Gambaran Umum” yaitu suatu pandangan umum terhadap komunikasi sebagai suatu proses dan kemudian membicarakan “Salah Pengertian”, serta pengertian dari komunikasi itu sendiri. Bab II memusatkan pembicaraan kita kepada perseorangan dalam komunikasi antarpribadi dan bagaimana kita berpendapat atau memikirkan “siapa” kita adanya, suatu konsep mandiri kita (our self concept) yang memainkan suatu peranan penting dalam dalam komunikasi. Pesan-pesan dan artinya adalah pokok pembicaraan pada Bab III, dimana kita meninjau “isi” dan makna, fakta dan kesimpulan serta perbedaan-perbedaan diantara mereka.
Bab VI membahas suatu aspek baru dari teori komunikasi, yaitu komunikasi non-verbal. Disini kita membahas pengaruh dari bagaimana kita memandang dan bagaimana nada suara kita dalam hubungannya dengan apa yang kita ucapkan. Bab V kita menganalisa apa sesungguhnya umpan-balik itu dan bagaimana caranya untuk mendatangkan umpan-balik yang berguna. Bab IV memusatkan cara meningkatkan keterampilan berkomunikasi yang khusus.
Bab VII dan VIII membicarakan konsep dan persoalan yang terdapat dalam kegiatan menginterview dan fokusnya diperluas dari perseorangan menjadi beberapa orang. Bab terakhir membicarakan mengenai komunikasi ke atas, ke bawah, dan ke samping melalui jaringan kerja organisasi. Karena kita hanyalah tempat lintas dan persimpangan dalam suatu pola saling melintas yang sangat luas, dimana berbagai pesan berlalu ke semua jurusan.
Buku menjelaskan dengan baik bagaimana cara berkomunikasi yang efektif bagi pemimpin. Dengan disertai contoh dan gambar dapat membantu bagaimana memahaminya. Namun, bahasa yang digunakan sedikit rumit dan bertele-tele membuat pembaca merasa cepat bosan.
BPP00002628 | 302.2 JAM k | Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain