Text
Komunikasi politik: khalayak dan efek
Bagian pertama dari komunikasi politik kedua ini berbicara tentang opini publik. Apa yang disebut opini? Bilamana opini pribadi menjadi opini publik? Tahap-tahap mana yang harus dilalui dalam membentuk opini publik? Selanjutnya, Nimmo membagi opini publik berdasarkan distribusinya: opini publik yang tunggal, opini publk beberapa orang, dan opini publik banyak orang.
Untuk apa sebenarnya ia berbicara tentang opini publik? Bagi Nimmo, opini publk adalah abstraksi dari khalayak komunikasi publik. Khalayak adalah sejumlah orang yang heterogen. Mereka menjadi khalayak komunikasi segera setelah mereka "mengkristal" menjadi opini publik.
Akhirnya dari bayangan-bayangan opini publik itu, orang merekonstruksi "cerita-cerita" politik. Ini sebetulnya akibat komunikasi politik. Melalui pembicaraan tentang hal-ihwal opini publik, Nimmo membawa kita pada empat efek penting komunikasi politik: sosialisasi politik, partisipasi politik, mempengaruhi pemilu, dan mempengaruhi para pejabat yang mengambil kebijakan politik.
BPP00002431 | 320.014 DAN k | Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain