Text
Manajemen stratejik: menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan
Manajemen Stratejik merupakan cabang ilmu manajemen yang secara khusus mempelajari faktor-faktor penentu (determinan) mengapa dan bagaimana suatu organisasi mampu mencapai kinerja unggul dan memiliki daya hidup panjang. Cabang ilmu ini telah mengalami evolusi yang panjang dan terus bergerak secara dinamis ke depan. Dulu, ada berbagai sebutan untuk cabang ilmu manajemen ini, seperti kebijakan bisnis (business policy), penganggaran strategis (strategic budgeting), perencanaan strategis (Strategic Planning) dan beberapa nama lain.
Penamaan manajemen stratejik dinilai lebih tepat karena secara utuh mengetengahkan dimensi yang menyeluruh (comprehensiveness), utuh (integratedness), mendasar (fundamental) dan jangka panjang (long-term orientation). Buku karya Dr. Sampurno ini menunjukkan usaha serius untuk mengisi kekosongan yang dijumpai dalam buku-buku yang sudah beredar selama ini. Dalam buku ini, misalnya, Dr. Sampurno mengaitkan strategi dengan cabang ilmu ekonomi dengan tingkat kuantifikasi tinggi seperti Teori permainan (game theory).
Dua arus utama pendekatan dalam manajemen stratejik, yaitu pendekatan organisasi industrial (outside-in approach) dan pendekatan berbasis sumber daya (inside-out approach), berikut akar-akar teoritisnya juga berusaha dipaparkan. Perkembangan mutakhir dalam cabang ilmu ini, seperti yang sekarang popular dalam konsep-konsep seperti kapabilitas dinamis (dynamic capabilities), aset nirwujud (intangible asset), organisasi pembelajar (learning organization), dan sejumlah konsep lain, juga diulas dalam buku ini. (kpp)
BPP00002038 | 658.4012 SAM m | Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain