Text
Laporan akhir pengkajian aktual kepemimpinan kepala daerah dalam menyelenggarakan pelayanan publik
Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana kepemimpinan kepala daerah dilihat dari aspek pemberian pelayanan publik. Dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan kepala daerah dalam membangun memberikan gambaran tentang kepemimpinan kepala daerah pada masing-masing lokus penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan lokus penelitian di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur dengan masing-masing 2 Kabupaten/Kota. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyusun daftar pertanyaan dan melakukan wawancara kepada informan. Dari penelitian ini terdapat beberapa temuan yang pada intinya menunjukkan bahwa kepemimpinan mempunyai hubungan yang kuat dengan keberhasilan suatu daerah dalam membangun dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik dan optimal. Lebih lanjut dalam temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala daerah mempunyai hubungan yang erat dengan keberhasilan suatu daerah dalam membangun dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik dan optimal : 1. Aspek Kapasitas Kepemimpinan dapat dilihat dari (1) dapat dibuktikan melalui kemampuan mengelola roda pemerintahannya yang penuh dengan kedisiplinan, baik disiplin waktu maupun disiplin dalam ketaatan terhadap aturan dan tata tertib di masyarakat sampai Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur yang mengangkat sendiri perangkat desa dengan APBD; (2) memberikan kemampuan dalam mengelola zona bebas internet di setiap fasilitas numat dan fasilitas sosial, dengan keberanian memangkas birokrasi pelayanan dalam pengurusan E-KTP yang seharusnya harus melalui 5 prosedur menjadi berkurang 3 prosedur dengan tujuan mempercepat pelayanan; (3) kemampuan dalam mengelola budaya pada lampu penerangan jalan umum yang dijadikan pernak pernik Chinese Led Version: 2. Aspek Permasalahan terdiri dari (1) Kemampuan pegawai dalam melaksanakan tugas dan membuat pertanggungjawaban kinerja laporan keuangan. (2) Kurangnya penataan kota dan pelayanan publik yang lama dan rumit (3) Masih kurangnya kompetensi di tingkat OPD dan pelayanan publik sehingga belum dapat melayani secara maksimal, 3. Aspek Solusi terdiri dari (1) kemampuan pegawai dalam melaksanakan pelayanan publik perlu ditingkatkan dan dimatangkan mulai dari perencanaan sampai akuntabilitas, (2) Solusi Kekacauan Kota dengan melakukan penataan kota dan pelayanan publik yang lama dan rumit dengan membuat layanan online, (3) melakukan pelatihan dan evaluasi di tingkat OPD serta perlu adanya motivasi dan perhatian khusus Saran dan rekomendasinya adalah: Seorang Kepala Daerah harus memiliki pola pikir yang unggul seperti Berpikir positif, Disiplin menghargai waktu. Berpikir sinergis, helistis, melayani strategis, Produktif, Terbuka, Mengantisipasi perubahan. Sistematis. Sistemik, galiter
BPP00010847 | R 352.25 PUS l | Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain