Text
Pendidikan Kewirausahaan
Untuk menanamkan jiwa wirausaha disekolah maka peran dan keaktifan guru dalam mengajar harus menarik, misalnya pembawaan yang ramah dan murah senyum, lucu, mendatangkan wirausahawan untuk memberikan pencerahan tentang keberhasilan dan kegagalannya sehingga akhirnya bisa berhasil. Selain itu peran aktif para siswa juga dituntut karena sasaran pengajaran ini adalah keberhasilan siswa bukan keberhasilan guru. Faktor-faktor yang berperan dalam membuka dan menerapkan minat untuk berwirausaha disekolah adalah menyangkut, aspek kepribadian para siswa sendiri, hubungan dengan teman-teman disekolah, hubungan dengan orang tua dan famili, hubungan dengan lingkungannya. Faktor-faktor pemicu dan dorongan agar siswa mau berusaha adalah: adanya praktek kecil-kecilan dalam bisnis dengan temannya, adanya tim bisnis disekolah yang dapat diajak bekerjasama dalam berwirausaha, adanya dorongan dari orang tua, familinya untuk berwirausaha, adanya pengalaman dalam berwirausaha sebelum mereka masuk sekolah. Buku ini merupakan panduan praktis bagi guru dalam mengajar mata ajar Kewirausahaan di SMK, paling tidak sebagai referensi. Untuk mahasiswa dan masyarakat umumpun buku ini bagi juga dipergunakan. Buku ini Membahas:
BAB 1. KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN 1. Fungsi utama wirausahawan 2. Pengertian 3. Wirausaha 4. Fungsi makro dan fungsi mikro wirausaha 5. Etika binis dan kewirausawahaan 6. Ide kewirausahaan 7. Merintis usaha baru 8. Membeli perusahaan yang sudah didirikan 9. Franchising (Kerjasama manajemen/waralaba) 10. Binis keluarga BAB 2. PENGELOLAAN USAHA 1. Perencanaan Bisnis 2. Pengelolaan keuangan 3. Teknik dan strategi pemasaran 4. Manajamen dan strategi kewirausahaan 5. Memahami perubahan 6. Pesaing dan persaingan 7. Kompetensi inti kewirausahaan 8. Strategi bersaing dalam kewirausahaan 9. Langkah memulai usaha BAB 3. BERPIKIR KREATIF 1. Petunjuk praktis 2. Ide bisnis dan kesukaan 3. Langkah dasar menuju kepemilikan bisnis 4. Menjalankan bisnis rumah tangga 5. Memilih mitra kerja 6. Penentuan kepribadian dan gaya anda BAB 4. PASAR DAN PEMASARAN 1. Konsep pasar dan pemasaran 2. Jenis, peran dan fungsi pasar 3. Inventarisasi kebutuhan pasar 4. Produk agribisnis 5. Penetapan harga produk 6. Perilaku dan segmentasi pasar 7. Promosi 8. Perencanaan usaha BAB 5. MEMILIH BISNIS ANDA 1. Pendahuluan 2. Kriteria umum 3. Memilih seorang pengacara 4. Memilih seorang akuntan 5. Memilih seorang bankir 6. Memilih konsultan 7. Bentuk legal struktur bisnis 8. Kepemilikan tunggal 9. Kemitraan 10. Perusahaan terbatas 11. Sub bagian S Korporasi 12. Pendanaan 13. Sumber pendanaan 14. Teknik untuk memperoleh uang BAB 6. PEDOMAN PENYUSUNAN PROPOSAL USAHA 1. Latar belakang 2. Tujuan 3. Format 4. Sistematika Proposal
BPP00003391 | 338.04 DAR p | Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri | Tersedia |
BPP00003390 | 338.04 DAR p | Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain