Text
Dasar-dasar komunikasi administrasi
Menurut penulis komunikasi administrasi adalah rangkaian kegiatan penataan saling menyampaikan warta antar para pegawai dalam kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. unsur-unsur
komunikasi administrasi adalah:
a. Sumber
Termasuk dalam pengertian sumber adalah pembuat sandi,
pengirim warta, sumber informasi atau komunikator yaitu pihak yang
memiliki warta yang ingin disampaikan kepada pihak lain.
b. Warta
Adalah suatu pengertian yang akan disampaikan oleh pengirim
warta kepada penerima warta. Bahan untuk membuat warta antara lain
huruf, angka, tanda baca, tanda hitung, kode, simbol, bunyi, warna dsb.
13
13
c. Saluran
Adalah alat untuk menyampaikan warta dari sumber warta
kepada penerima warta.
d. Penerima Warta
Adalah pihak yang memperoleh warta dari pengirim berita.
Penerima warta dilakukan oleh seorang kelompok atau organsasai
e. Hasil
Komunkasi administrasi dapat menimbulkan hasil penerima
warta menjadi bertambah/ berubah pengetahuannya.
f. Umpan Balik
Adalah tanggapan/ reaksi dari penerima warta kepada pengirim
warta. Kemudian dapat pula timbul tanggapan atau reaksi kembali dari
pengirim warta kepada penerima warta, maka terjadilah komunikasi
timbal balik. Adanya umpan balik inilah yang menimbulkan
komunikasi administrasi dinamis.
g. Lingkungan
Kegiatan administrasi tidak berlangsung dalam suasana vakum
melainkan dalam suasana interaksi dengan lingkungan
BPP00003307 | 302.2 SUT d | Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain