Text
Kemandirian lokal: konsepsi pembangunan, organisasi, dan pendidikan dari perspektif sains baru
Konsepsi Pembangunan Organisasi, dan Pendidikan dari Perspektif Sains Baru Memahami semesta ternyata tidak memadai lagi dengan hanya mengandalkan doktrin-doktrin objektivisme, reduksionisme, dan determinisme yang selama ini menjadi pilar penyangga Sains Modern. Pada dasarnya, Sains Modern hanya mengedepankan sisi mekanis-materialistis semesta dan mengabaikan atau bahkan tidak mengakui keberadaan sisi lainnya. Penjelajahan sisi yang terabaikan itulah yang menjadi titik tolak perkembangan Sains Baru yang kemudian menawarkan perspektif yang leibh luas dan lebih sesuai untuk memahami semesta.
Kemandirian Lokal merupakan pendekatan yang dijabarkan dari Sains Baru. Pendekatan ini menunjukkan bahwa pembagunan lebih tepat bila dilihat sebagai proses adaptasi-kreatif suatu tatanan masyarakat daripada sebagai serangkaian upaya makanistis yang mengacu pada satu rencana yang disusun secara sistematis, Kemandirian Lokal juga menegaskan bahwa oraganisasi seharusnya dikelola dengan lebih mengedepankan partisipasi dan dialog dibandngkan semangat pengendalian yang ketat sebagaimana dipraktekkan selama ini.
Pendekatan ini juga merekomendasikan pendidikan yang tidak lagi diperlakukan sebagai upaya sistematis untuk menyiapkan pelajar menghadapi hari depannya, tetapi sebagai kegiatan yang memfasilitasi para pelajar untuk menggali potensi mereka agar, mereka mampu merajut masa depan mereka. Perspektif yang dijabarkan dalam buku ini akan bermanfaat untuk memperluas cakrawala pengetahun para akademisi, praktisi dan pemerhati pembangunan, oraganisasi, dan pendidikan serta siapa pun yang tertarik untuk memahami Sains Baru.
BPP00002794 | 320.8 MAP k | Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain