Text
Semiotika komunikasi: aplikasi praktis bagi penelitian dan skripsi komunikasi
Buku ini penting bagi mahasiswa yang sedang menulis skripsi, mengunakan penelitian kualitatif khususnya yang menggunakan semiotika sebagai pisau kajiannya.semiotika adalah sebuah metodelogi membongkar ada apa di balik sebuah tanda ( baik berupa ikon atau simbol dan indeks). Dalam buku Semiotika Komunikasi (indiwan,2011) ini disinggung sejumah tahap saat mencoba menganalisis tanda dan makna menggunakan Semiotika. Tahap awal adalah : memilih objek kajian yang akan diteliti, kemudian mulai mengkatagorikan sign tersebut berdasarkan jenisnya apakah tanda tersebut adalah tanda yang bersifat verbal (berisi kata-kata,headline,tagline,body copy dan sebagainya) atau tanda yang bersifat nonverbal apakah berupa image/ikon, apakah body language, gerak-gerik, komunikasi non verbal, tata letak/design atau komposisi atau bersifat simbolik seperti rambu-rambu,warna,logo dan sebagainya. Baru kemudian dianalisis menggunakan model semiotika yang hendak dipakai (semotika Charles Sander Peirce atau Roland Barthes) setelah dianalisis kemudian dinterpretasi dan dibenturkan dengan triangulasi lewat wawancara dengan praktisi atau pihak terkait
BPP00002353 | 302.2 IND s | Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri | Tersedia |
BPP00002354 | 302.2 IND s | Badan Penelitian Pengembangan Kemdagri | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain